Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Download Soal KSM MI (Madrasah Ibtidaiyah) Tahun 2018


Download Soal dan Pembahasan Kompetisi Sains Madrasah (KSM) Madrasah Ibtidaiyah (MI) tahun 2018 Matematika Terintegrasi dan Sains IPA Terintegrasi. 

Berikut ini kami bagikan soal naskah asli KSM MI tingkat kabupaten/kota tahun 2018 dengan format pdf yang terdiri dari soal KSM Matematika Terintegrasi dan IPA Terintegrasi. Soal-soal ini dapat anda jadikan sebagai referensi untuk mempersiapkan diri menghadapi KSM tingkat kabupaten/kota tahun 2019 yang akan diselengarakan tanggal 20 Juli 2019 mendatang. Informasi yang kami peroleh dari official website Kompetisi Sains Madrasah 2019 berikut ini jadwal pelaksanaan KSM Tahun 2019


Yang membedakan Kompetisi Sains Madrasah (KSM) dengan kompetisi lainnya misal OSN adalah bentuk soal yang dilombakan pada KSM merupakan soal terintegrasi keagamaan, selain peserta harus memiliki pemahaman yang cukup dalam bidang sains, peserta juga dituntut mempunyai ilmu keagamaan yang baik. Berikut ini contoh soal KSM Matematika Terintegrasi untuk jenjang Madrasah Ibtidaiyah (MI) Tingkat Kabupaten/Kota Tahun 2018:

Pada saat musim Haji, Asrama haji Surabaya mengadakan manasik haji. Agar dapat memastikan para calon jamaah haji bugar, tawaf dilakukan dengan lintasan konstan. Jarak miniatur ka’bah dengan jamaah haji saat tawaf sepanjang 14 meter. Satria adalah salah satu calon jamaah haji. Pada saat tawaf dia sudah menempuh lintasan sepanjang 396 meter. Berapa sisa putaran yang harus ditempuh Satria agar tawafnya selesai ....
A. 1,5 putaran
B. 2,0 putaran
C. 2,5 putaran
D. 3,0 putaran

Soal di atas, merupakan salah satu soal matematika terintegrasi. Untuk menjawab soal tersebut peserta harus memahami bidang sains (dalam hal ini matematika) dan juga keagamaan. Konsep matematika yang harus dipahami peserta untuk menjawab soal tersebut adalah konsep keliling lingkaran, dan pemahaman keagamaan yang harus di pahami/diketahui peserta adalah banyak putaran tawaf dalam ibadah Haji. Jika saja salah satu pemahaman tidak dimiliki, maka peserta tidak akan mampu menjawab soal tersebut.

Baiklah, berikut ini soal asli KSM MI (Madrasah Ibtidaiyah) tahun 2018 tingkat kabupaten/kota terdiri dari soal matematika teringrasi dan Sains IPA terintegrasi, klik link berikut untuk mendownload.

  1. Download Soal KSM MI 2018 Matematika Terigrasi
  2. Download Soal KSM MI 2018 SAINS IPA Terigrasi


Demikianlah soal KSM MI 2018 yang dapat kami bagika.


Untuk mendownload file-file di blog ini, pastikan sebelumnya sudah login ke akun gmail atau google drive terlebih dahulu, jika masih mengalami kendala silakan coba menggunakan PC/laptop.

Silakan gabung di Fans Page Facebook, Channel Telegram untuk memperoleh update terbaru, dan Subscribe Channel YouTube m4th-lab untuk memperoleh video pembelajaran matematika secara gratis, untuk mengikuti tautan klik pada tombol di bawah ini:


m4th-lab Youtube Channel: 


m4th-lab Facebook Fans Page:


m4th-lab Telegram Channel:

@banksoalmatematika


2 komentar untuk "Download Soal KSM MI (Madrasah Ibtidaiyah) Tahun 2018"

  1. minta pembahasan soal ipa terintegrasi madrasah ibtidaiyah tahun 2018

    BalasHapus
  2. Pak minta pembahasan soal ipa terintegrasi madrasah ibtidaiyah tahun 2018

    BalasHapus