Cara Kerja Kalkulator Dalam Menghitung Nilai Fungsi Trigonometri




Misalnya jika sekarang saya tantang kawan-kawan untuk menentukan nilai dari $\sin(7^\circ)$, sanggup? salah ketik? nggak, saya serius itu  $\sin(7^\circ)$   :)
hayo ngaku ada yang pakai kalkulator tuh....   :)


Terkadang saat kita ingin mencari nilai dari suatu fungsi trigonometri yang bukan merupakan sudut istimewa kita memerlukan bantuan kalkulator, jika kita memiliki kalkulator scientifik mungkin gak masalah, sekali pijit nilainya langsung kita dapat. Nah jika kalkulator yang kita pakai cuma kalkulator standar, bisa kah menentukan nilai fungi trigonometri???? jawabannnya adalah, bisa. caranya, kita harus memahami cara kerja kalkulator scientifik dalam menentukan nilai trigonometri. oke begini caranya...  :)


Dalam menentukan nilai fungsi trigonometri, kalkulator scientifik menggunakan Prinsip Deret Taylor dalam perhitungannya, silahkan pelajari deret Taylor dan MacLaurin pada postingan sebelumnya.

berikut ini ekspansi fungsi sin x, cos x, dan tan x dalam deret Taylor dengan c = 0 (bisa juga kita sebut deret Maclaurin) :


Banyaknya suku pada deret tersebut adalah tak hingga, semakin banyak suku yang kita gunakan maka hasilnya akan semakin akurat. 

Oke, sekarang kita ambil contoh misalnya kita akan menentukan nilai dari  $\sin(7^\circ)$.

Langkah pertama, kita ubah dulu (konversi) satuan derajat ke dalam radian













maka: 










atau bisa juga menggunakan konversi secara online melalui google unit converter, dan inilah hasilnya:
setelah kita konversi, sekarang kita lanjut ke langkah berikutnya:

Langkah kedua, substitusikan nilai hasil konversi ke deret Taylor

disini saya menggunakan 4 suku dari deret taylor, karena 4 suku saya rasa hasilnya sudah cukup akurat, namun menggunakan lebih banyak suku tentu akan lebih baik :) 

maka kita peroleh:

horeeee... kita udah dapat hasil akhirnya.... :)

yakin hasilnya akurat??? oke kita bandingkan dengan hasil kalkulator Scientifik.



Hasilnya cukup akurat kan? 
saya rasa contoh yg kita gunakan cukup nilai sinus aja (ngetiknya udah cape, hehe) untuk nilai cosinus dan tangen silahkan coba sendiri, caranya sama dan deret taylor-nya sudah di sediakan di atas.



terimakasih atas kunjungannya, semoga bermanfaat



Siapa saya? Tidak ada hal istimewa tentang saya. Seseorang yang masih haus ilmu, namun ingin memberi manfaat untuk banyak orang. FB : https://facebook.com/denih.alkhawarizmi

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

1 komentar:

Write komentar
23 July 2018 at 17:33 delete

terima kasih pencerahannya

Reply
avatar

Kritik, saran atau koreksi silahkan isi kolom komentar EmoticonEmoticon