PERMAINAN MATEMATIKA 1

TEBAK TANGGAL DAN BULAN KELAHIRAN (versi 1)

Banyak yang beranggapan matematika itu membosankan, benarkah demikian?????
terlepas dari benar atau tidaknya pernyataan tersebut setidaknya itulah yang ada di pikiran kebanyakan orang/pelajar saat ini.
Sebenarnya matematika adalah pelajaran yang sangat menyenangkan, banyak hal menarik yang dapat kita temukan dalam matematika. Salah satu yang membedakan matematika dengan mata pelajaran yang lainnya adalah dalam matematika kita memilki permainan-permainan yang tentu saja tidak terlepas dari konsep matematika itu tersendiri. Salah satu permainan matematika yang cukup populer adalah "Tebak Tanggal dan Bulan Kelahiran", permainan ini bukan lagi hal yang aneh bagi sebagian orang, tapi gak ada salahnya kita berbagi, iya gak sob? Siapa tahu aja ada yang belum tahu. Karena untuk permainan tebak tanggal lahir ini terdapat banyak versi yang berbeda.
penasaran????
Langsung ke-TKP

Langkah-langkah yang harus dilakukan:
1. Minta teman kita (yang diajak main) untuk menyiapkan alat bantu hitung boleh kalkolator, Hp, dsb (tapi jangan pake lidi ya,,, he)
2. Mintalah teman kita untuk mengalikan tanggal lahirnya dengan 5
3. Langkah selanjutnya, tambahkan hasil operasi pada langkah ke-2 dengan 6
4. Hasil perhitungan pada langkah ke-3 kalikan dengan 4
5. Hasil perhitungan pada langkah ke-4 tambahkan dengan 9
6. Hasil perhitungan pada langkah ke-5 kalikan dengan 5
7. Langkah terakhir, tambahkan hasil perhitungan pada langkah ke-6 dengan bulan kelahirannya.
(catatan: ingat semua langkah diatas dikerjakan oleh teman kita tanpa memberi tahu kita hasil pada setiap langkahnya/ hanya dia sendiri yang tahu)

Setelah semua langkah diatas dilakukan, minta teman kita untuk menyebutkan hasil ahirnya, kemudian hasil ahir tersebut kita kurangi dengan 165. Maka hasil pengurangan tersebut menunjukan tanggal dan bulan kelahiran dia.

Misal, hasil terakhir perhitungan mereka adalah 477. Kita kurangi dengan 165, (477-165 = 312) , 312 tersebut menunjukan tanggal dan bulan kelahiran dia tersebut, berarti dia lahir tanggal 3 bulan 12 (Desember). Gampang kan?

BUKTI SECARA MATEMATIS
Sebenanya permainan ini tak lepas dari konsep matematika, dalam hal ini yang kita gunakann adalah konsep aljabar secara sederhana .
Konsepnya seperti ini;
Misal tanggal lahirnya adalah x dan bulan lahirnya adalah y, maka hasil ahir perhitungan haruslah berbentuk 100x + y , kenapa tanggal lahiranya dikali 100?
Hal ini karena tanggal lahir akan memempati nilai ratusan dan ribuan (digit ke-3 dan ke-4 dari kanan) dan 2 digit terakhirnya (puluhan dan satuan) menunjukan bulan.
Sekarang kita coba sesuai langkah diatas.
Misal tanggal lahir x dan bulan lahir y

1. Mintalah teman kita untuk mengalikan tanggal lahirnya dengan 5
Diperoleh: 5x
2. tambahkan hasil operasi pada langkah ke-1 dengan 6
Diperoleh: 5x+6
3. Hasil perhitungan pada langkah ke-2 kalikan dengan 4
Diperoleh: 4(5x+6) = 20x + 24
4. Hasil perhitungan pada langkah ke-3 tambahkan dengan 9
Diperoleh: 20x + 24 + 9 = 20x + 33
5. Hasil perhitungan pada langkah ke-4 kalikan dengan 5
Diperoleh: 5(20x+33)= 100x + 165
6. Langkah terakhir, tambahkan hasil perhitungan pada langkah ke-5 dengan bulan kelahirannya.
Diperoleh: 100x + 165 + y

Seperti yang saya sebutkan diatas, bahwa yang kita perlukan hasil ahirnya berbentuk 100x + y. sedangkan hasil ahir perhitungan teman kita berbentuk
100x + 165 + y , maka hasil perhitunagan dia harus kita kurangi dengan 165. Jadi itulah sebabnya kenapa kita harus mengurangi dengan 165,
Simpel kan??????

Semoga bermanfaat

Siapa saya? Tidak ada hal istimewa tentang saya. Seseorang yang masih haus ilmu, namun ingin memberi manfaat untuk banyak orang. FB : https://facebook.com/denih.alkhawarizmi

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Kritik, saran atau koreksi silahkan isi kolom komentar EmoticonEmoticon