Download Soal Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) SMA #1


Seperti yang sudah kita semua ketahui Ujian Nasional akan digantikan dengan Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) dan Survei Karakter. AKM sangat berbeda dengan UN (Ujian Nasional), terkait apa saja perbedaan UN dan AKM insyaAlloh  akan saya bahas pada tulisan berikutnya.

Pada postingan ini, kita fokuskan pada bentuk soal AKM. Berbeda degan soal Ujian Nasional yang hanya memilki bentuk soal pilihan ganda saja, pada Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) terdapat berbagai bentuk soal diantaranya, soal pilihan ganda, soal pilihan ganda kompleks, soal menjodohkan, isian singkat dan uraian. Selain itu, AKM tidak diujikan per mata pelajaran seperti halnya Ujian Nasional, hanya ada dua indikator utama pada Asesmen Kompetensi Minimum, yaitu Literasi Membaca dan Numerasi (Literasi Matematika) namun tidak berarti pelajaran yang perlu kita pelajari hanya matematika dan bahasa, pelajaran lain tetap penting karena literasi cakupannya cukup luas, bisa mencakup berbagai bidang.

Baiklah tanpa basa-basi lagi, bagi yang penasaran dengan soal AKM, berikut ini soal AKM bagian pertama yang akan kami bagikan, insyaAlloh akan kami update untuk soal-soal AKM berikutnya, soal yang kami bagikan dapat anda buka online pada blog m4th-ab dan dapat juga anda download bentuk pdf nya, link download kami sertakan pada bagian bawah artikel ini.

Berikut ini soal AKM #1

Pengantar

Beberapa bulan terakhir ketika mempersiapkan ujian akhir tahun, Desi ingin terus makan. Semakin lama Desi semakin kuatir sehingga dirinya mencari-cari informasi tentang perilaku makannya yang tidak terkontrol. Desi menemukan sebuah artikel yang membahas perilaku makannya yang tidak terkontrol.


Apa Sih, Binge Eating?


Teman sehat, kamu pernah dengar ngga istilah binge eating atau ‘ngga bisa berhenti makan’? Yap, mungkin sebagian dari kamu menganggap hal ini cuma mitos saja. Padahal benar ada, loh! Bukan Cuma alasan untuk menjustifikasi kerakusan seseorang. Tapi tahukah kamu? Bahwa ada suatu kondisi nyata yang menyebabkan seseorang nggak bisa berhenti makan, keadaan ini disebut dengan binge eating. Apa sih, binge eating? Yuk, simak penjelasannya di sini!

Tidak bisa berhenti makan atau binge eating merupakan suatu keadaan seseorang tidak bisa mengontrol waktu mengonsumsi makanannya. Keadaan ini merupakan suatu ketidaknormalan psikologis yang memungkinkan seseorang mempunyai ‘jendela’ atau waktu makan yang tidak terduga

Seseorang dengan keadaan ini, bisa makan tanpa dikontrol dengan jumlah makanan yang sangat banyak dan tidak berusaha melakukan perlawanan terhadap tubuhnya, seperti berusaha memuntahkan kembali atau berolahraga. Sehingga, berat badannya akan naik drastis dan menimbulkan ketidakpuasan terhadap diri sendiri.

Binge eating merupakan jenis eating disorder yang paling banyak diderita. Sebanyak 1 dari 35 orang dewasa, atau sekitar 2,8% menderita eating disorder ini. Tanda seorang mengalami keadaan ini adalah:
  • Makan sangat cepat dengan jumlah yang banyak sekaligus 
  • Tetap makan ketika sudah kenyang atau ketika tidak lapar
  • Merasa bersalah karena makan terus menerus
  • Berlangsung sekali seminggu selama 3 bulan
  • Makan dengan cara sembunyi-sembunyi
Seseorang yang mengalami binge eating akan berhadapan dengan beberapa resiko kesehatan, seperti berat badan bertambah, obesitas, sakit jantung, sakit stroke, diabetes tipe 2 dan beresiko terkena kanker. 

Pada dasarnya, keadaan ini berasal dari keadaan psikologis yang kurang sehat. Meskipun penyebabnya berasal dari banyak faktor, tapi sebuah penelitian menyebutkan bahwa kombinasi antara pengaruh sosial terkait kebiasaan makan, pengalaman masa kecil, dan kecanduan makanan adalah salah satu penyebabnya. Nah, untuk itu salah satu langkah awal penyembuhan keadaan ini adalah dengan terapi psikologis.

Pada keadaan normal, waktu makan seseorang adalah 3 kali makan besar dan 2 kali makanan ringan. So, Teman Sehat jika hal ini terjadi pada orang terdekat kamu, ingatkan dan ajaklah mereka untuk memulai pola makan yang baik. Jika hal ini ngga berhasil, kamu bisa membantunya pergi ke terapis untuk menyelesaikan masalah ini. Jangan anggap rendah masalah ini, ya!

Soal Nomor 1

Manakah pernyataan yang tepat tentang cara menyembuhkan kecanduan makanan atau binge eating(beri tanda ceklis/centang, bisa pilih lebih dari satu)

 Mengatur pola makan
 Makan sampai kenyang
 Tidak tidur terlalu larut malam
 Melakukan konsultasi psikologi
 Membuat jadwal kegiatan harian
 Menyesali prilaku sering makan

Soal Nomor 2

Manakah pernyataan berikut yang sesuai dengan artikel di atas?
(beri tanda ceklis/centang, bisa pilih lebih dari satu)

 Keadaan seseorang yang tidak bisa mengontrol waktu mengonsunsi makanannya.
 Ketidaknormalan psikologis yang memungkinkan seseorang mempunyai ‘jendela’ atau waktu makan yang tidak terduga
 Kondisi nyata yang menyebabkan seseorang tidak bisa berhenti makan
 Makan tanpa dikontrol dengan jumlah makanan yang sangat banyak dan berusaha memuntahkannya kembali

Perhatika infografis berikut!


Soal Nomor 3

Apakah persamaan isi dari teks Apa sih, binge eating? dan infografis Fenomena Binge Watching?
(beri tanda ceklis/centang, bisa pilih lebih dari satu)

 Menyajikan solusi dari masing-masing kecanduan.
 Menjabarkan ciri-ciri binge eating dan binge watching.
 Menjelaskan pengertian dari masing-masing kecanduan.
 Memberikan rekomendasi untuk mengurangi kecanduan.
 
Soal Nomor 4

Coba bayangkan jika Desi mengalami kecanduan makanan (binge eating) dan juga kecanduan melihat tayangan televisi (binge watching).
Bantulah Desi untuk menentukan dampak yang ada pada tabel berikut sebagai fakta atau opini!
Dampak Jawaban
Desi akan menjadi lebih gemuk karena makan lebih banyak  Fakta  Opini
Desi akan membayar biaya listrik lebih mahal dari sebelumnya  Fakta  Opini
Desi akan melihat serial televisi lebih dari 2 jam  Fakta  Opini
Desi akan berbelanja lebih banyak makanan ringan  Fakta  Opini
Desi memiliki kemungkinan terkena serangan jantung  Fakta  Opini
Desi akan berada di depan televisi lebih lama untuk melihat serial  Fakta  Opini

Soal Nomor 5

Cermati teks Apa sih, Binge Eating? dan infografis Binge Watching!
Menurutmu manakah yang lebih berbahaya?
(pilih salah satu)

 Binge Eating
 Binge Watching

Jelaskan alasanmu! (soal uraian)

Untuk menjawab soal berikutnya perhatikan teks berikut!

Dina & Fira

Beberapa hari yang lalu …
Ketika Dina sedang di sekolah, matanya terkunci pada Fira yang sedang asik bermain telepon pintar. “Fira, kamu ngapain sih?” tanya Dina. “Aku sedang lihat serial drama , jangan ganggu!” jawab Fira dengan wajah sedikit kesal. Dina kemudian teringat dengan perkataan temannya bahwa Fira kini lebih suka  diam sambil melihat di layar telepon pintarnya. Setiap istirahat atau ada jam kosong. Fira pasti sedang melihat drama. Kata teman-temannya setiap sabtu dan minggu Fira kini lebih suka diam di rumah menghabiskan waktu menonton serial drama. Rata-rata setiap serial drama yang ditonton Fira terdiri dari 16 sampai 24 episode dengan rentang waktu 1 jam per episode. 

Soal Nomor 6

Menurut Dina, Fira telah mengalami Binge Watching. Berikan alasan yang mendukung pernyataan Dina! (soal uraian)

Untuk menjawab soal berikutnya perhatikan teks dan infografis berikut ini!

Waktu Dekomposisi

Setiap material sampah akan mengalami penguraian. Material sampah dapat berupa sampah organik dan sampah anorganik. Waktu yang diperlukan untuk mengurai sempurna disebut waktu dekomposisi. Berikut waktu dekomposisi berdasarkan jenis material sampah.

Material Organik Waktu Dekomposisi
Kulit pisang 6 minggu
Kulit jeruk 5 bulan
Kantong kertas 8 minggu
Sisa apel 2 bulan
Kertas tisu 5 minggu


Perhatikan diagram A dan B berikut



Soal Nomor 7

Seorang siswa membaca tabel dan diagram di atas. Ia menyatakan selisih waktu dekomposisi pada diagram A sama dengan diagram B. Pernyataan tersebut dikoreksi oleh gurunya. Manakah koreksi yang benar dari guru tersebut?
(Pilih salah satu)

 Perhatikan jenis material sampah di kedua diagram!
 Perhatikan satuan unit waktu dekomposisi!
 Perhatikan tinggi diagram batang setiap jenis material sampah!
 Perhatikan titik nol dari sumbu diagram!

Soal Nomor 8

Sampah anorganik lebih lama terurai dibandingkan dengan sampah organik. Waktu dekomposisi popok sekali pakai lebih lama dari plastik, namun kurang dari kulit sintetis. Berapa waktu dekomposisi yang mungkin dari popok sekali pakai?
(Pilih salah satu)

 100 tahun
 250 tahun
 375 tahun
 475 tahun
 575 tahun

Soal Nomor 9

Pilih setuju atau tidak setuju dan tuliskan jawabanmu!
Seorang siswa ingin menggabungkan data waktu dekomposisi sampah organik dan sampah anorganik menjadi sebuah grafik batang. Ibu guru tidak menyarankan hal tersebut. Setujukah kamu dengan saran ibu guru? Jelaskan!

 Setuju
 Tidak setuju

Jelaskan! (soal uraian)

Soal Nomor 10
Seberapa sering kamu mengerjakan soal dengan format berikut:
Format Soal Sering Jarang Tidak Pernah
Pilihan benar lebih dari satu      
Geser dan letakkan (drag and drop)      
Pilihan ganda kompleks      
Soal Isian      

Soal nomor 10 mungkin hanya survei, tapi seperti itulah soal AKM yang muncul pada simulasi AKM yang pernah di laksanakan. Soal-soal Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) di atas dapat anda download dalam bentuk pdf, bisa anda print dan jadikan bahan latihan atau didiskusikan bersama guru di sekolah. berikut ini soal AKM pdf (link download kami sertakan di bagian bawah review tersebut)




Demikianlah soal Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) SMA bagian 1 yang dapat kami bagikan.

Untuk mendownload file-file di blog ini, pastikan sebelumnya sudah login ke akun gmail atau google drive terlebih dahulu, jika masih mengalami kendala silakan coba menggunakan PC/laptop.

Silakan gabung di Fans Page Facebook, Channel Telegram untuk memperoleh update terbaru, dan Subscribe Channel YouTube m4th-lab untuk memperoleh video pembelajaran matematika secara gratis, untuk mengikuti tautan klik pada tombol di bawah ini:


m4th-lab Youtube Channel: 


m4th-lab Facebook Fans Page:


m4th-lab Telegram Channel:

@banksoalmatematika


Siapa saya? Tidak ada hal istimewa tentang saya. Seseorang yang masih haus ilmu, namun ingin memberi manfaat untuk banyak orang.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Kritik, saran atau koreksi silahkan isi kolom komentar EmoticonEmoticon